6 Cara Merencanakan Liburan Sendiri

Berlibur jadi hal menyenangkan serta banyak diagendakan oleh beberapa orang, terpenting mereka yang sudah bekerja serta kadang-kadang memang perlu rehat sesaat dari aktivitas di kantor. Terdapat beberapa tujuan berlibur indah yang dapat didatangi setiap waktu, baik itu yang ada didalam negeri maupun yang ada di negeri orang. Tetapi apa pun tujuan pilihan kamu, semuanya pasti akan memerlukan beberapa cost yang cukuplah banyak, bergantung sarana serta langkah kamu nikmati berlibur tersebut.

6 Cara Merencanakan Liburan Sendiri

Langkah kamu nikmati berlibur akan begitu memengaruhi biaya berlibur tersebut, hingga begitu terpenting untuk mengatur semua sesuatunya semenjak awal. Jangan pernah kemauan kamu untuk berlibur serta nikmati hari yang enjoy, malah berbuntut dengan beberapa permasalahan keuangan di masa datang. Bila ini yang berlangsung, jadi arah kamu liburan akan tidak berhasil keseluruhan serta membawa beberapa permasalahan baru di kehidupan kamu. Yakinkan kamu berencana berlibur kamu dengan baik semenjak awal, hingga beberapa persiapan dan keuanganmu dapat sama dengan keperluan berlibur itu.

Rencanakan dengan Masak Semenjak Awal

Walau akan melancong sendiri tanpa rekan, berlibur ini harus tetap direncanakan dengan baik semenjak awal, terpenting bila ini bisa menjadi perjalanan yang termasuk cukuplah panjang. Gagasan berlibur yang baik tidak cuma akan membuat keuangan kamu masih aman saat berlibur, tetapi akan begitu menolong kamu untuk mendapat berlibur yang berkualitas serta lebih menyenangkan.

Jangan pernah kamu melakukan berlibur yang jelek serta tidak terkesan, cuma karena tidak mempunyai gagasan perjalanan yang pas. Bagaimanapun juga, arah kamu liburan pasti untuk bersenang-senang, kan?

Baca langkah berencana berlibur sendiri tanpa beban di bawah ini, supaya berlibur kamu optimal serta menyenangkan :

1. Pilih Tujuan yang Tepat

Ke mana kamu akan liburan serta berapakah lama? Ke-2 perihal ini jadi point pertama yang harus kamu pikirkan. Tujuan berlibur memang mempunyai terlibat yang lumayan besar untuk memastikan kualitas berlibur kamu, tetapi hal yang tidak kalah pentingnya merupakan sesuaikan tujuan ini dengan biaya yang kamu punyai. Jangan pernah kamu berencana berlibur ke tujuan yang jauh serta memerlukan banyak uang, sesaat keuangan kamu tidak mensupport untuk hal itu. Bila ini yang berlangsung, jadi keuangan akan terbebani dengan beberapa utang saat berlibur kelak.

Untuk pilih tujuan berlibur terunggul, maka dapat begitu pas bila kamu lakukan survey terlebih dulu. Bukan mendatangi tempatnya secara langsung, tetapi kamu dapat lakukan survey ini dengan cara on-line serta cepat. Temukan info berkaitan dengan tujuan berlibur yang kamu datangi, termasuk juga biaya yang akan kamu perlukan untuk perjalanan berlibur ini.

Terdapat beberapa website perjalanan dan web semacam yang dapat kamu datangi dengan ringan, hingga kamu dapat leluasa menimbang serta pilih salah satunya tujuan yang sangat pas serta sama dengan keperluan dan keuangan kamu. Yakinkan kamu mendapat info yang tepat dari blog-blog terpercaya.

2. Susun Agenda Perjalanan

Bila sudah mempunyai tujuan pilihan, jadi kamu dapat mulai mengatur agenda perjalanan kamu. Untuk perihal ini, info yang kamu temukan dengan cara on-line itu akan begitu menolong. Susunlah agenda perjalanan kamu dengan baik, termasuk juga penentuan waktu dan transportasi yang akan kamu pakai sepanjang berlibur kelak. Tetapkan serta pilih juga penginapan yang akan kamu pakai, termasuk juga biaya yang akan perlukan untuk semuanya akomodasi berlibur itu.

Janganlah lupa untuk sesuaikan agenda kamu dengan beberapa tempat wisata yang akan kamu datangi kelak, supaya semuanya gagasan arah perjalanan kamu dapat sesuai semenjak awal. Jam buka/tutup dan modal transportasi yang akan kamu pakai untuk menuju beberapa tempat wisata ini sangat terpenting untuk sesuai dengan agendamu. Perihal ini akan menolong kamu untuk dapat lebih ringan serta menyenangkan dalam nikmati berlibur.

3. Kalkulasi Budgetnya

Bila ke-2 point diatas sudah kamu kerjakan dengan pas, jadi kamu dapat mulai mengkalkulasi biaya berlibur kamu. Kerjakan perihal ini dengan cermat, supaya keuangan kamu tidak punya masalah sesudah pulang berlibur kelak. Sekurang-kurangnya, kamu mesti masukkan beberapa komponen terpenting ini dalam biaya liburanmu :

Cost ticket.
Cost hotel.
Cost makan sepanjang berlibur.
Berbelanja serta oleh-oleh.
Transportasi sepanjang liburan.
Masuk tempat wisata.
Cost tidak tersangka.

Yakinkan semuanya cost itu kamu masukan ke biaya liburanmu, supaya kamu dapat mempersiapkannya dengan baik semenjak awal. Beberapa cost mungkin saja saja alami kenaikan, terpenting bila kamu akan melakukan berlibur sekian waktu ke depan. Karena itu, kamu dapat memberikan komponen cost tidak tersangka ini dalam jumlah yang lumayan besar (contohnya 20% dari keseluruhan cost).

4. Pesan Ticket serta Atur Perjalanan Jauh-Jauh Hari

Waktu gagasan berlibur sudah fix serta ditata dengan baik, jadi tidak ada salahya untuk beli ticket perjalanan kamu. Pesan semenjak jauh-jauh hari, akan sangat mungkin kamu untuk mendapat penawaran harga terunggul dari maskapai penerbangan. Tidak cuma itu saja, kamu juga mempunyai peluang yang lebih luas untuk memakai moment promosi atau potongan harga yang lain yang dikasihkan oleh maskapai penerbangan.

Hal sama dapat juga kamu kerjakan saat pesan hotel. Yakinkan kamu pilih waktu terunggul waktu lakukan pemesanan, hingga kamu dapat mendapat harga sangat murah serta ramah di kantong. Beberapa hotel juga menyiapkan voucher atau potongan harga pada saat-saat spesifik, serta kamu dapat memakai itu untuk menghemat cost perjalanan berlibur ini.

Kamu dapat juga memakai kartu credit kamu untuk pembelian ticket dan pemesanan hotel ini, terpenting bila ada kerja sama juga dengan bank penerbit serta dapat memberi kamu potongan harga yang menarik.

5. Sediakan Dana Cadangan

Walau biaya berlibur sudah ditata dengan baik, begitu terpenting buat kamu untuk mempunyai beberapa dana cadangan dalam perjalanan ini. Sediakan beberapa dana cadangan untuk berlibur, supaya keuangan tidak terganggu sesudah waktu liburanmu selesai kelak.

Tetap ada peluang kamu keluarkan semakin banyak uang, diluar gagasan biaya berlibur yang sudah kamu susun awal mulanya. Hal seperti berikut yang akan kamu tangani dengan beberapa dana cadangan ini, hingga keuangan kamu akan tidak terganggu disebabkan ada pembengkakan cost berlibur itu.

Kamu dapat mempersiapkan dana cadangan ini dalam jumlahnya spesifik serta memisahkannya dalam rekening spesial yang akan tidak tercampur dengan dana berlibur kamu. Perihal ini akan memudahkan kamu dalam mengurus dana cadangan ini serta menahan kamu untuk memakainya dengan menyengaja (saat tidaklah terlalu diperlukan).

6. Makan serta Berbelanja dengan Bijak

Sepanjang berlibur, orang tetap mempunyai cenderung untuk lebih mudah membelanjakan uang mereka, bahkan juga untuk beberapa hal yang tidak demikian memang perlu. Jauhi hal ini, karena mungkin membuat pengeluaran berlibur membengkak dari biaya awal.

Makan serta belanjalah dengan bijak, seperti saat kamu berbelanja umum (tidak berlibur). Perihal ini akan menolong kamu menghemat banyak uang serta menahan beberapa pengeluaran yang tidak demikian terpenting didalam perjalananmu.

Diluar itu, kontrol juga diri kamu waktu akan beli oleh-oleh, mengingat sejumlah besar orang kerap kalap saat belanja hal yang satu ini. Yakinkan kamu beli oleh-oleh dalam batas yang lumrah saja serta tidak terlalu berlebih. Mencari serta pilih tempat/pusat oleh-oleh yang murah serta komplit, hingga kamu tak perlu buang banyaknya waktu untuk mendatangi beberapa toko oleh-oleh untuk kepentingan yang satu ini.

Cara mengobati gatal karena jamur

Cara membuat obat gatal jamur tradisionil ampuh untuk menangani permasalahan gatal kulit untuk pria serta wanita tanpa memunculkan resikonya.

Kulit manggis serta daun sirih

Ambilah 100 gr kulit manggis serta 20 lembar daun sirih lalu cuci sampai bersih serta rebus dengan cara berbarengan. Gunakanlah ukuran air 5 gelas, Diamkan hingga sampai mendidih lantas biarrkan air jadi tersisa 3 gelas saja. Dinginkan lantas saring untuk lalu digunakan untuk membersihkan kulit yang tengah terserang gatal jamur. Ramuan obat gatal jamur ini dapat menghilangkan perasaan gatal, Menahan iritasi serta mengobati kurap, Kudis serta eksim. Menurut beberapa pakar kesehatan serta kecantikan tradisionil jika manfaat kulit manggis buat kesehatan tidak cuma untuk penyembuhan organ badan sisi dalam saja tapi dapat juga menangani permasalahan kesehatan kulit.

Langkuas

Sepanjang beberapa ratus tahun langkuas merupakan bumbu dapur yang kerap digunakan jadi bahan basic pembuatan obat gatal selangkangan karena jamur. Ambilah satu ibu jari langkuas lantas membersihkan serta haluskan lewat cara ditumbuk. Berikan langkuas pada permukaan kulit yang terserang panu, Kurap, Kudis atau gatal gatal akibata alergi berkali-kali. Langkah tersebut ampuh untuk mengobati penyakit kulit disebabkan jamur.

Temulawak, Kunyit, Sambiloto

Ambil 30 gr temulawak, 20 gr kunyit serta 10 gr sambiloto. Membersihkan ke-3 bahan herbal ini untuk lalu di rebus sampai mendidih dengan takaraan air 5b gelas serta cuma tersisa 2 gelas saja. Ke-3 bahan alami ini biasa dipakai menjadi obat gatal jamur yang dapat dibuktikan ampuh buat penyembuhan jamur kulit yang menyerang anak anak serta remaja.

Daun leunca

Ambilah segenggam daun leunca, Membersihkan lantas tumbuk sampai halus, Berikan ramuan herbal ini pada permukaan kulit yang diserang gatal jamur. Lakukana dua kalai satu hari dengan cara teratur hingga sampai kulit normal kembali tanpa dihinggapi jamur lagi. Daun leunca adalah salah satunya obat gatal jamur sangat simpel serta ringan diaplikaasikan pada ank anak yang tengah diserang panu, Kurap atau kudis.

Daun sidaguri serta minyak kelapa

Ambilah beberapa daun sidaguri lantas cuci hingga sampai bersih. Timbuk daun itu hingga sampai haluas lantas imbuhkan minyak kelapa murni seperlunya serta remaslah hingga sampai rata untuk lalu dioles-oleskan pada kulit yang tengah terserang gatal kulit. Daun sidaguri merupakan satu diantara banyaknya bahan bahan alami yang digunakan pada penyembuhan pilihan menjadi obat gatal jamur menahun yang umum terkena oleh beberapa orangtua.

Daun ketapang

Daun ketapang merupakan tumbuhan alami yang bisa dipakai menjadi obat gatal jamur yang manjur mengobati beberapa jenis jamur pemicu penyakit kulit. Ambilah beberapa daun ketapang, Dicuci terlebih dulu lalu tumbuk atau leburkan sampai halus. Oleskan sekalian digosok gosok lembut pada permukaan kulit yang tengah menanggung derita gatal jamur.

Lidah buaya

Ambilah lendir atau daging lidah buaya untuk lalu dioles-oleskan pada kulit yang tengah terkena penyakit kulit type jamur kaki contohnya kaki menanggung derita kurap serta gatal gatal disebabkan penggunaan kaos kaki serta sepatu yang tertutup rapat sehari-hari yang menyebabkan tempat sela sela kaki menanggung derita lembab. Manfaat lidah buaya untuk kulit dapat juga dipakai untuk mengobati gatal gatal yang dikarenakan alergi, Contohnya kulit jadi begitu kering serta menanggung derita sisik sisik yang memunculkan perasaan gatal, Keadaan dapat berlangsung disebabkan pemakaian AC terlalu berlebih serta periode panjang di dalam ruang. Lidah buaya merupakan obat gatal jamur yang ampuh menyembuhkan jamur kulit pada anak anak, dewasa serta orang-tua.

Tanah liat

Tahukah anda bahwaa tanah liat bisa digunakan menjadi obat gatal jamur yang telah masuk kelompok penyakit kulit yang kronis contohnya eksim basah, Diluar itu keunggulan tanah liat merupakan bisa menangani gatal gatal, Iritasi yang karena sebab gigitan hewan beresiko contohnya kalajengking, Lipan, Semut api dan lain-lain. Oleskan tanah liat perlahan-lahan pada permukaan kulit yang diserang gatal jamur. Kerjakan 2x satu hari dengan cara tertaur hingga sampai penyakit gatal jamur pulih.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling

Menggunakan saat berlibur ditempat beda yaitu salah hal yang mengasyikkan. Ditambah lagi bila saat berlibur ditempuh dengan beberapa orang tersayang seperti keluarga serta rekan-rekan. Walau demikian jangan pernah kesibukan berlibur mengakibatkan badan Anda kelelahan serta jatuh sakit. Keadaan begini malah juga akan buat saat berlibur Anda jadi hal yang jelek.

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Traveling

Agar badan tetaplah fit waktu traveling jadi ada banyak hal yang baiknya Anda cermati. Dalam hal semacam ini yang terutama yaitu melindungi konsumsi makanan yang bergizi serta konsumsi cairan hingga mencegah kelelahan. Tersebut panduan sehat sepanjang berlibur yang dapat Anda aplikasikan.

Minum Air Putih

Saat liburan atau berjalan-jalan baiknya Anda membawa botol diisi air minum. Yakinkan kalau persediaan air minum Anda cukup saat melancong jauh. Air minum begitu perlu untuk melindungi kesehatan badan hingga terlepas dari kemungkinan dehidrasi. Dengan memenuhi keperluan cairan jadi hal semacam ini begitu berguna untuk kesehatan badan serta berlibur juga akan merasa lebih mengasyikkan.

Sedia Jaket serta Kacamata

Bila Anda pergi liburan saat cuaca dingin atau liburan ke tempat yang dingin jadi baiknya janganlah melupakan pakaian hangat atau jaket. Peralatan itu harus Anda buat persiapan untuk melindungi kesehatan badan sepanjang liburan. Diluar itu, bila cuaca panas terik gunakanlah kacamata serta topi membuat perlindungan Anda dari paparan sinar matahari dengan segera.

Obat-obatan

Jangan sampai melupakan obat-obatan. Siapkan dalam tas peralatan kesehatan yang baiknya Anda bawa. Utamakan untuk membawa vitamin jadi perlindungan untuk badan saat liburan hingga tidak gampang capek serta sakit. Pada intinya peralatan P3K harus Anda bawa waktu berlibur.

Makanan Ringan

Agar otidak telat makan serta usaha untuk melindungi kesehatan badan jadi siapkan camilan sehat untuk temani Anda sepanjang perjalanan. Siapkan camilan yang bia mengganjal rasa lapar Anda seperti buah-buahan atau kacang-kacangan.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Saat ada di lokasi untuk berlibur baiknya Anda memprioritaskan mengkonsumsi makanan bergizi. Janganlah asal-asalan pilih jajanan karna di kuatirkan juga akan buat keadaan kesehatan Anda terganggu.

Untuk Anda oyang membawa anak kecil pada saat berlibur jadi mesti lakukan persiapan yang lebih masak hingga si kecil juga akan terasa nyaman dalam perjalanan. Selain itu kerjakan persiapan untuk semua keperluan sepanjang ditempat liburan hingga pulang dari berlibur keadaan kesehatannya tetaplah terbangun dengan baik.

Nah, tersebut banyak hal yang baiknya Anda buat persiapan dalam lakukan perjalanan untuk liburan agar keadaan badan tetaplah fit serta tidak gampang terkena penyakit. Berlibur juga akan merasa mengasyikkan serta terkesan jika keadaan kesehartan Anda tetaplah bugar sesudahnya. Oleh karena itu, utamakan kenyamanan serta perlindungan kesehatan sepanjang liburan.

Mengenal Penyakit Panu Yang Memalukan

Penyakit Panu – Panu sering diidentikkan dengan penyakit yang bikin malu serta mengisyaratkan penderitanya kurang cakap dalam melindungi kebersihan tubuh. Memanglah, penyakit yang memberi pemberi tanda berbentuk bercak jelas yang relatif putih ini juga akan begitu gampang dikenali beberapa orang. Dalam sebagian masalah, panu dapat menebar ke beragam tempat serta bahkan juga dapat makin jadi membesar hingga penderitanya dapat kehilangan keyakinan diri. Panu yg tidak dikerjakan dengan benar dapat mengakibatkan kulit bersisik serta merasa kasar.

Mengenal Penyakit Panu Yang Memalukan

Panu sering kali keluar di ruang punggung atau lengan. Namun, ruang perut, leher, dan ruang dada atas dapat juga terserang oleh penyakit yang dalam mitos orang-orang dipandang jadi penyakit menyebar ini. Penyebabnya dari penyakit kulit ini yaitu masalah dari jamur malassezia. Uniknya, jamur ini sesungguhnya memanglah gampang diketemukan di kulit manusia serta umumnya tidak memberi resikonya apa pun. Namun, bila ada iritasi yang berlangsung pada kulit, jadi jamur ini mendadak berkembang dengan cepat serta mengakibatkan bercak-bercak putih di kulit. Selain itu, ada keadaan kulit berminyak serta berkeringat terlalu berlebih pada kulit mengakibatkan kulit jadi lebih lembab serta mengakibatkan panu pada kulit.

Mujur panu termasuk jadi penyakit yang gampang untuk diobati. Obat panu serta masalah jamur yang lain sangat gampang diketemukan di warung-warung paling dekat berbentuk cream atau salep. Seandainya mematuhi ketentuan gunakan, panu telah dapat diobati dalam periode satu minggu atau dua minggu saja. Cuma saja, bila panu telah terlanjur berkembang dengan cepat serta begitu besar, kita dapat berkonsultasi ke dokter serta diberi obat berbentuk tablet yang dapat menyingkirkan jamur pada kulit.

Untuk menghindar panu tumbuh di kulit kita, kita dapat menggunakan shampoo atau obat gatal jamur yang dipercaya dapat menghindar tumbuhnya jamur kulit sekali dalam dua minggu atau sebulan. Shampoo atau sabun anti jamur sendiri dapat diketemukan di apotek. Jagalah kebersihan kulit serta tubuh dengan mandi paling tidak 2 x satu hari serta melindungi supaya kulit tidaklah terlalu lembab.

Tempat Wisata di Bekasi Yang Wajib Anda Kunjungi

Bekasi merupakan kota pinggiran Jakarta yang padat penduduk dan jarang ada tempat wisatanya kalaupun ada lokasi satu sama lainnya pasti berjauhan jaraknya. Jika kamu ingin berlibur mengunjungi tempat wisata yang ada di Bekasi berikut ini kami kasih tau lokasinya, kamu gak bakal sadar ternyata jika tempat-tempat wisata tersebut berada di kota Bekasi. Jadi kamu kalo mau liburan bersama keluarga tidak harus jauh-jauh keluar kota atau keluar pulau, cukup ke Bekasi aja kamu nanti akan melihat tempat-tempat wisata yang indah dan keren.

  • Curug Parigi

Buat kalian yang suka membully atau mengolok-olak kota Bekasi mendingan kamu sedikit piknik aja deh meluangkan waktumu untuk mengunjungi curug atau air terjun niagara in Bekasi coy yang satu ini. Air Terjun Curug Parigi ternyata loksinya tidak jauh dari tempat pembuangan sampah terbesar di Indonesia terpadu bantar gebang. Tapi jangan salah paham dulu coy, walaupun lokasinya tidak jauh dari lokasi tempat pembuangan sampah bantar gebang, akan tetapi air tejun curug parigi memiliki keindahan alam yang memukau, eksotis dan asri bagi siapa saja yg melihatnya. Karena itu keindahan curug parigi disebut-sebut menyerupai air terjun niagara yg ada di Amerika. yah walaupun tidak setinggi air terjun niagara yg ada di Amerika namun keindahan curug parigi tidak kalah menawan kok.

  • Danau Marakash

Pandangan kebanyakan orang yaitu kota bekasi adalah kota yang penuh dengan kawasan padat penduduk dan juga pusat kawasan industri akan sekejap sirna jika kamu mengunjungi tempat yang satu ini. Danau marakash merupakan salah satu destinasi wisata favorit masyarakat di dekat pusat kota yang mana sangat cocok untuk berlibur bareng bersama keluarga. Sejarah danau marakash adalah merupakan danau buatan yang awalnya dijadikan sebagai penampung air untuk warga sekitar yang dibangun pada tahun 1992. Tapi sejalan dengan beriringnya waktu lokasi ini dijadikan tempat wisata yang indah nan asri serta didukung dengan adanya jajanan murah. Oh iya, danau marakash ini juga sangat cocok buat kalian yg hobi hangout bareng bersama teman-teman lho, selain lokasi danau marakash yang tidak begitu jauh dari kota Bekasi, untuk menuju ke lokasi ini juga masih free loh atau gratis. Danau Marakash sendiri berada di jalan pondokungu permai bekasi. Ayo rame-rame kita berkunjung tapi inget jangan nyampah bro.

Sejarah Panahan Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memanah

Olah raga memanah memilikisejarah yang sangat bagus. Kegiatan olah raga ini sangat menyenangkan dan memang ada banyak yang menyukai olah raga memanah. Bagi anda yang gemar memanah maka sangat perlu untuk mengetahui mengenai Sejarah Panahan. Dengan mengetahui sejarah dari olah raga ini maka anda akan semakin mencintai olah raga yang satu ini. panah terdiri dari busur dan juga anak panah.panah sudah ditemukan sejak masa paleolithikum dan pada masa itu panahan terbuat dari kayu pinus.

Sejarah dari Panahan dimulai sejak 5000 tahun silam. pada zaman dahulu panah digunakan untuk berburu dan juga untuk berperang. Semakin berkembang zaman maka fungsi anak panah semakin banyak karena lebih sering digunakan untuk olah raga. Hingga saat ini anak panah masih sering digunakan untuk berburu dihutan. Senjata ini memang merupakan salah satu senjata yang sangat efektif untuk berburu karena bisa membunuh dan juga melesat dengan cepat. Selain itu, panah juga masih sering digunakan sebagai salah satu senjata untuk perang.

pada masa itu telah ditemukan busur panah yang bagus.Namun masih banyak juga orang yang lebih memilih menggunakan tombak untuk berburu atau untuk berperang. Kelebihan panah adalah jarak melesat yang lebih jauh dari pada menggunakan tombak. Sejarah Panahan mengatakan bahwa busur tertua pernah ditemukan Holmegard Denmark. Setelah ditemukannya busur panah maka semakin banyak orang yang memilih menggunakan panah.

Sejarah Panahan di Indonesia sendiri juga sangat menarik. panahan sudah ada sejak zaman kerajaan dan memang digunakan untuk berburu dan juga senjataperang.olah raga ini semakin dikenal oleh masyarakat sehingga semakin banyak organisasi nasional dalam bidang olah raga panahan. Salah satu organisasi panahan yang ada di Indonesia adalah PERPANI (Persatuan Panahan Indonesia). Organisasi ini dibetuk 12 Juli 1953 dan di prakarsai oleh Sri Paku lam VIII. pada masa itu olah raga ini semakin berkembang sehingga organisasi ini masuk sebagai anggota FITA pada tahun 1959. Semakin bergerak waktu menuju masa modern, olah raga panahan semakin banyak digemari sehingga sering diadakan lomba atau olimpiade panahan nasional. Sejarah olah raga Panahanakan semakin membuat anda cinta dan mengagumi olah raga satu ini. Apabila anda ingin latihan panahan dan tidak punya peralatan panahannya anda bisa membelinya ditoko online www.utsmaniarchery.com disana jual peralatan panahan murah dan berkualitas, silahkan kontak sellernya di WA/sms 0896-2979-9640