Cara Jitu Liburan dengan Memakai Bis

Berwisata mengaplikasikan bis untuk liburan dapat menjadi cara yang menyenangkan dan menjangkau panorama-panorama pelosok. Akan tetapi, tujuan kita menjadi suatu penentu, salah-salah dapat menjadi persoalan yang besar.

5 Cara Jitu Liburan dengan Memakai Bis

Anda wajib memperhatikan daerah yang dituju, dapat saja ada teroris, penyakit menular, dan kezaliman lainnya yang mengkhawatirkan. Apalagi, kita lebih acap kali mengaplikasikan bis travel dibandingi dengan mengendarai kendaraan beroda empat sendiri. Berikut sebagian kiat untuk konsisten aman di jalan ketika bepergian, pun ketika Anda tak sedang mengemudi.

Pelajari Sekitar Adat Jalan Lokal

Jangan menganggap bahwa standar keamanan di tiap-tiap negara sama. Di sebagian negara, bis tak berhenti di dekat trotoar atau zona yang ditentukan, dan penumpang diharapkan untuk masuk dan keluar dalam lalu lintas yang padat. Ini hanyalah sebuah contoh, tetapi membayar untuk memperhatikan cara penduduk setempat menangani jalan baik di belakang kemudi ataupun sebagai pejalan kaki.

Wisatawan muda acap kali ingin mengalami daerah seperti mode lokal, tetapi populer, murah dan kencang acap kali mempunyai catatan keselamatan yang buruk. Lakukan ketekunan Anda sebelum naik bis yang penuh sesak atau trem reyot cuma sebab menawarkan pengalaman otentik.

Rencanakan Perjalanan Anda

founder of the Association for Safe International Road Travel (Asirt) Rochelle Sobel, mengatakan, buku panduan dan materi pariwisata lainnya umumnya tak memasukkan banyak isu perihal keselamatan di jalan. Memeriksa laman laman Departemen Luar Negeri ialah daerah yang baik untuk mengawali, sebab di sana menyediakan saran keselamatan awam dan khusus suatu negara, termasuk jalan raya membahayakan untuk menghindari dan perilaku pengemudi awam.

Direkomendasikan bahwa banyak bis yang sudah tua yang ditutup yang mungkin dalam keadaan buruk, dan pengemudi bis mungkin kekurangan pelatihan yang pas, mengaplikasikan kecepatan berlebihan atau membikin manuver pelatihan membahayakan. The World Health Organization (WHO) juga interaktif memetakan rinci keselamatan lalu lintas berdasarkan negara. Penting juga untuk memprogram hand phone Anda dengan kontak darurat lokal dan mempertimbangkan untuk menerima asuransi kesehatan perjalanan.

Hindari Perjalanan Malam

Bis Malam ialah favorit kekal pelancong yang berpikiran menghemat anggaran secara khusus di hotel. Dalam sebagian kasus itu mungkin benar, tetapi di banyak negara, secara khusus di daerah pedesaan, naik bis di malam hari atau di jam subuh dini amat tak disarankan sebab pengemudi acap kali mematikan lampu depan mereka; mereka salah percaya itu menghemat baterai kendaraan. Bahaya ini semakin parah ketika keadaan jalan buruk, di mana jarak pandang buruk, dan di daerah pegunungan dengan jalan yang sempit dan berkelok.

Mengajukan pertanyaan

Tanyakan agen perjalanan Anda, operator tur, atau hotel bagaimana mereka memeriksa pengemudi dan perusahaan bis yang mereka rekomendasikan. Jika Anda mengorder bis sendiri, gunakan perusahaan mapan, atau perusahaan yang secara bebas dan terbuka menyuarakan catatan dan kebijakan keselamatan mereka.

Sebelum Anda melakukan perjalanan panjang dengan bis, tanyakan perihal rute, dan apakah itu rute standar yang diambil oleh pengemudi sebelumnya. Jalan yang dirawat dengan baik dan cukup terang lebih baik daripada jalan yang lebih kecil, dan mempunyai jalan masuk yang lebih baik untuk layanan medis darurat sekiranya diperlukan.

Kecuali itu, tanyakan apakah pengemudi sudah menyupir lebih dari 8 jam. Sebagian besar perusahaan bis dan tur yang beroperasi di atas kapal wajib bersedia ditanyakan oleh Anda, dan mereka tak boleh geram sekiranya ditanyakan. Jika Anda mempunyai keraguan, pertimbangkan untuk mengaplikasikan kereta atau menyewa layanan kendaraan beroda empat pribadi dengan sopir lokal yang akrab dengan kawasan tersebut.

Pantau Kesiapan Bis dan Berani Tegur Supir Bis!

Intinya, sekiranya sesuatu nampak salah, berbicaralah. Jika pengemudi sedang nekat atau ngebut, mintalah dengan sopan supaya ia melambat. Bersikap tegas. Jika keadaan tak membaik atau sekiranya pengemudi nampak terganggu atau terlalu lelah, turunlah dari bis sesegera mungkin. Jika Anda tak berbincang-bincang pantas bahasanya, mintalah seorang lokal untuk menolong. Hindari bis dalam keadaan buruk atau yang penuh sesak dan berat di atas, yang dapat mengimbangi pusat gravitasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *