pulau bali

10 Tips Penting Bila Ingin Berlibur Ke Bali

 

Bali adalah pulau kecil yang indah yang terkenal dengan keunikan seni dan budayanya, pesona alam dan keramahan masyarakatnya. Kebanyakan orang datang ke Bali untuk menikmati kekayaan budayanya, Beberapa turis datang untuk menikmati indahnya pantai dan relaksasi. Bali terletak di kawasan Indonesia, dan menjadi salah satu tujuan wisata terbaik di Asia.

Bagi yang berencana berkunjung ke Bali, ada beberapa kiat Penting persiapan Liburan di Bali untuk menjadi pertimbangan Anda.

1. Untuk Para Turis Asing (Mancanegara)

Untuk memasuki Bali atau Indonesia dalam hal ini, pastikan paspor Anda berlaku selama enam bulan setelah masuk ke Indonesia, jika tidak, Anda harus atur ulang rencana ada untuk berkunjung ke bali. Anda juga harus memiliki bukti tiket untuk pulang ke negara asal Anda. Visa turis, sosial dan bisnis dapat diperoleh dari kedutaan atau konsulat manapun di luar negeri. Warga negara Asia yang berasal dari Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, Vietnam, Kamboja, Filipina dan Laos tidak memerlukan visa, hanya dokumen perjalanan yang sah. Pengunjung dari sekitar tiga puluh negara juga diberi visa turis 60 hari yang dikeluarkan langsung pada saat kedatangan. Konsultasikan dengan agen perjalanan atau penerbangan Anda.

2. Masalah uang

Rupiah adalah unit dasar uang di indonesia, dalam catatan bank dan cek perjalanan paling baik ditukarkan di bank-bank besar atau money changer resmi. tukarkan mata uang negara anda ke rupiah ke penukaran uang yang memiliki reputasi baik, gunakan kalkulator sendiri sebelum melakukan penukaran uang, karena yang digunakan oleh beberapa tempat bisa “sedikit tidak akurat”. Yang terpenting; selalu hitung uangmu sebelum kamu meninggalkan tempat.

3. Memilih Tempat Penukaran Uang

Saat menukar mata uang dengan sejumlah besar, harap periksa setiap catatan dengan hati-hati karena ada sejumlah oknum penukaran mata uang yang nakal.

4. Tempatkan barang berharga seaman mungkin

Ada beberapa kasus tas tangan yang rampas setelah seseorang menukarkan uang ke bank atau money changer. Letakkan uang Anda dengan aman atau pegang tas tangan Anda dengan erat.

5. Kartu kredit dan kartu kredit

Sampai hari ini banyak hotel, toko-toko besar dan kecil menerima kartu kredit, dengan syarat tambahan 3% ditambahkan ke tagihan Anda. Namun, saat bepergian ke desa, gunakan uang cash karena daerah pedesaan jarang yang bisa menerima kartu kredit anda.

6. Asuransi

Pastikan Anda memiliki asuransi pribadi atau asuransi perjalanan yang akan menanggung semua kecelakaan. Jika Anda menyewa mobil (harus dengan asuransi), waspadalah terhadap sepeda motor, karena terlalu banyak motor di jalanan. Saat Anda memarkir mobil, selalu ingat untuk jangan meninggalkan barang berhaga di dalamnya. Kejahatan sedang meningkat dan bisa merusak liburan anda. Hati-hati dengan barang-barang Anda setiap saat. Kasus perampasan tas tangan telah banyak dilaporkan, sehingga tinggalkan dokumen penting di brankas hotel Anda dan membawa fotokopinya kemanapun anda pergi.

7. Pakaian Santai

Berpakaian santai. Ambil pakaian yang nyaman, karena cuacanya tropis membuat anda sedikit gerah. Ingat Bali adalah tanah dimana acara keagamaan berlangsung di tengah panggung. Saat mengunjungi kuil atau menghadiri upacara, jadikan sebuah titik untuk menghormati adat dan tradisi setempat. Selalu pakai sarung dan selendang. Jangan berjalan di depan orang-orang yang sedang berdoa. Jangan gunakan kamera flash atau arahkan kamera ke wajah yang sedang melakukan upacara agama. Cobalah untuk tidak menginjak sesaji di jalanan (berjalan di sekitar mereka). Wanita tidak diijinkan memasuki kuil selama menstruasi.

8. Hindari narkoba!

Ini bisa membawa hukuman mati bagi anda yang kedapati membawa dan mengkonsuminya, dan ada banyak cukup orang asing yang berlibur ke Bali berakhir menyedihkan di penjara karena penyalahgunaan narkoba

9. Berenang di Pantai

Jangan berenang di luar area larangan berenang di pantai, karena arus bisa sangat kuat. Berenang antara bendera merah dan kuning. Jangan berenang terlalu jauh keluar. Jangan tinggalkan barang-barang Anda tanpa dijaga di pantai.

10. Kesehatan

Vaksinasi kesehatan internasional terhadap cacar, kolera, dan beberapa vaksin hanya diperlukan dari wisatawan yang berasal dari daerah yang terinfeksi. Vaksinasi tipus dan paratyphoid bersifat opsional namun tetap dianjurkan. Minum hanya air mineral atau air yang telah direbus dan makan banyak buah segar – bantulah tubuh Anda. Jangan terlalu khawatir tentang air es, Kebanyakan orang yang bepergian melalui Bali mendapatkan “Bali Belly” yang terkenal pada suatu waktu atau lainnya. Pada saat badan tidak terasa nyaman atau kurang sehat, minumlah yang banyak, bikin teh panas dan hindari semua buah dan makanan pedas.

Bali memang patut dikunjungi, rencanakan liburan Anda, semoga beberapa tips diatas dapat membantu anda dalam mempersiapkan diri untuk dapat melakukan perjalanan ke pulau dewata bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *